Sejarah Kerajaan Majapahit dan Masa Kejayaannya di Bumi Nusantara

SEJARAH KERAJAAN MAJAPAHIT – Majapahit adalah salah satu kerajaan terbesar dalam sejarah bangsa Indonesia. Kerajaan ini mempunyai wilayah kekuasaan yang terbentang dari ujung barat sampai timur nusantara dan juga negara tetangga.
Pada masa kejayaannya Majapahit memiliki keinginan yang sangat besar yakni menyatukan nusantara melalui sumpah dari Gajah Mada. Namun bagaimana sebenarnya sejarah dari Majapahit? Berikut ini adalah Jejak Kerajaan Majapahit

Kerajaan Majapahit merupakan salah satu kerajaan hindu-budha yang ada di Indonesia. Kerajaan Majapahit berdiri sekitar tahun 1293-1500 M dan pada masa awalnya dipimpin oleh Raden Wijaya pada 1293-1309. Setelah itu Majapahit dikuasai oleh Jayanegara yang jahat dan sempat berkuasa pada 1309-1328 M.
Setelah Jayanegara dibunuh maka kekuasaan Majapahit digantikan oleh Tribhuwana Tungga Dewi yang menyebabkan Majapahit kembali ke masa kejayaannya selama berkuasa pada tahun 1328-1350 M.

Masa Kejayaan Majapahit

Majapahit mencapai puncak kejayaan pada masa kekuasaan Hayam Wuruk. Saat Hayam Wuruk berkuasa pada tahun 1350-1389 M. Selama Hayam Wuruk memerintah, kerajaan Majapahit berhasil menguasai semenanjung Malaya, Borneo, Sumatra, Bali dan bahkan sampai Filipina.
Kerajaan Majapahit saat itu bahkan bisa dikatakan sebagai negara terbesar yang pernah ada dalam sejarah bangsa Indonesia. Bersama dengan patih Gajah Mada, kerajaan majapahit mempunyai misi besar yakni mempersatukan nusantara. Bahkan saking seriusnya Gajah Mada sampai mengucapkan sumpah palapa yakni tidak akan mundur dari jabatannya sebelum dapat mempersatukan nusantara.

Kemajuan Ekonomi Kerajaan Majapahit


Pada jamannya dahulu kerajaan Majapahit menggunakan sistem perekonomian yang sangat maju. Meski pun rata-rata penduduknya bermata pencaaharian sebgaia petani namun sebagian juga merupakan pedagang. Bahkan saking majunya perdagangan di Majapahit sampai-sampai digunakan sebagai pusat pertemuan dantransaksi para saudagar dari India dan Cina.
Majapahit mengekspor hasil bumi khas Jawa seperti lada, garam, kain serta rempah-rempah lainnya. Sementara itu mereka mengimpor perak, emas dan porselen. Bahkan pada saat itu Majapahit sudah mencetak uang logamnya dari campuran perak dan tembaga untuk bertransaksi.

Related Posts:

0 Response to "Sejarah Kerajaan Majapahit dan Masa Kejayaannya di Bumi Nusantara"

Post a Comment